Headlines News :
Home » , » Amankan Akun Google dengan dua langkah

Amankan Akun Google dengan dua langkah

Written By jack sparrow on Thursday, January 12, 2012 | 11:09 PM



Tindak kejahatan di dunia maya kian marak terjadi. Berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan keuntungan dengan cara yang mudah, walaupun harus melakukan tindakan yang melanggar hukum.
Para hacker telah berupaya keras untuk dapat membobol berbagai dokumen, ataupun keamanan. Lalu bagaimana dengan akun google kita.
Amankah akun google kita ?
Password saja tidak cukup lagi untuk mengamankan akun google kita.
Password merupakan salah satu dari tiga elemen yang bisa dipakai untuk keperluan proses otentikasi atau verifikasi.
Tujuan verifikasi itu sendiri adalah untuk menguji apakah seseorang memiliki hak akses untuk masuk ke sebuah system atau tidak.
Password itu sendiri adalah sesuatu yang wajib kita ketahui, tapi tidak boleh diketahui oleh orang lain.
Karena password selalu menjadi mekanisme utama untuk proses otentikasi, maka banyak orang yang mencoba menebak-nebak password kita, agar bisa masuk.
Hal seperti itulah yang sering dilakukan oleh para hacker.
Ada yang menggunakan cara brutal atau brute-force, ada yang menggunakan cara yang licik atau phishing, ataupun dengan cara yang tergolong rapi dan elegan seperti social engineering. Dengan cara itulah mereka berharap bisa membobol keamanan berbagai akun yang ada di internet, termasuk membobol keamanan akun google kita.
Akibat dari semua itu, sudah banyak terjadi kasus pembobolan akun, baik di dalam maupun di luar negeri.
          Google merasa proses otentikasi tidaklah cukup dengan pengenalan username dan password saja.
Terang saja mekanisme untuk mendapatkan password saat ini sudah sangat mudah untuk bisa ditembus, apalagi bila si pelaku termasuk teman dekat korban, sehingga akan mudah untuk bisa menebak jawaban yang akan diberikan system.
          Google cukup tanggap dengan hal ini sehingga berhasil menggunakan satu cara untuk menangani hal tersebut.
Salah satu cara Google adalaha menggunakan elemen lain yaitu kode unik yang dihasilkan oleh google, yang kemudian dikirimkan melalui nomor ponsel yang kita daftarkan pada Google. Fitur kode unik ini sudah resmi di distribusikan Google sejak beberapa bulan yang lalu. Sayangnya fitur tersebut tidak disematkan kedalam programnya secara default.
Pengguna atau pemilik akun google harus memutuskan akan menggunakan fitur tersebut atau tidak.
          Bagi kita yang mau mengaktifkan fitur tersebut langkahnya sangat mudah.
1.   Daftarkan dulu nomor ponsel kita. Kunjungi halaman profil google. Pilih Change recovery option, masukkan nomor ponsel kita pada menu sms, dengan format kode Negara di depan nomor ponsel kita. Contoh : +62856778910.
2.   Setelah ponsel kita dikonfirmasikan, masuk ke pilihan 2-step verification, tekan start setup pada halaman lanjutan.
3.   Konfirmasi ponsel kita pada layar selanjutnya, dan pilih pengiriman kode lewat sms, karena akan lebih mudah untuk penerimaan kode unik kita dari google.
4.   Dalam beberapa saat kode unik kita akan dikirim melalui sms ke nomor ponsel kita. Lalu masukkan kode unik tersebut dan klik next
5.   Langkah terakhir adalah mengaktifkan fitur ini, dengan klik TURN ON 2-STEP VERIFICATION
6.   Setelah selesai kita akan dimiinta untuk melakukan login ulang, dan jika login berhasil maka proses tersebut telah berhasil.
Sekedar catatan jika ponsel kita hilang, kita tidak perlu khawatir karena google sudah menyediakan 10 kode yang dapat kita gunakan, kita bisa menggunakannya dengan cara
Masuk ke halaman 2-step verification dan lihat pada bagian printable backup codes.
Itulah cara untuk mengamankan akun google dengan dua langkah mudah, dan yang pasti
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Belajar blog | SEO | Dan segalanya - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger